Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

11.08.2011

Fase Menopause Akan Dialami Setiap Wanita

Fase Menopause
Fase Menopause
Menopause adalah suatu gejala dalam kehidupan wanita yang sejalan dengan pertambahan usia. Menopause adalah fase alamiah setiap wanita yang menandai berakhirnya masa subur. Tanda menopause adalah berhentinya siklus haid (menstruasi). Menopause juga dianggap sebagai peristiwa yang sangat berarti bagi kehidupan wanita seperti halnya menarche dan kehamilan.
Mulai diproduksinya hormon estrogen adalah fase Menarche pada remaja wanita, sedang menopause terjadi karena ovarium tidak menghasilkan atau tidak memproduksi hormon estrogen.
Terganggunya fungsi ovarium menyebabkan berkurangnya produksi hormon estrogen, dan ini akan menimbulkan beberapa penurunan atau gangguan pada aspek fisik-biologis – seksual. Kadar estrogen yang mengalami penurunan, menyebabkan periode haid/menstruasi yang tidak teratur, dan ini dapat dijadikan petunjuk terjadinya menopause.
Ada tiga periode menopause, yaitu:
  1. Klimakterium, yaitu merupakan masa peralihaan anatara masa reproduksi dan masa senium. Biasanya periode ini disebut jga dengan pramenopause.
  2. Menopause, adalah saat haid terakhir, dan bila sesudah manopause disebut pasca menopause.
  3. Senium, adalah periode sesudah pasca menopause, yaitu ketika individu telah mampu menyesuaikan dengan kondisinya, sehingga tidak mengalami gangguan fisik.
Masa menopause ditandai dengan masa transisi kira-kira lima tahun dari berhentinya fungsi reproduksi, tetapi secara biologis menopause artinya berhentinya siklus haid (mesntruasi). Pada umumnya wanita akan mengalami menopause antara usia 40 –55 tahun, walaupun ada beberapa perkecualian. Periode ini disebut sebagai periode klimakterium yang menggambarkan hilangnya kemampuan atau menurunnya kemampuan untuk bereproduksi. Dengan berhentinya haid/menstruasi berarti proses ovulasi atau pembuahan sel telur juga berhenti. Periode ini dianggap sebagai masa transisi atau peralihan ke masa tua, yaitu masa yang ditandai dengan berkurang dan menurunnya vitalitas manusia.
Menopause merupakan tahap akhir proses biologi yang dialami wanita berupa penurunan produksi hormon seks wanita yaitu estrogen dan progesteron pada indung telur. Proses berlangsung tiga sampai lima tahun yang disebut masa klimakterik atau perimenapouse. Disebut menopause jika seseorang tidak lagi menstruasi selama satu tahun. Umumnya terjadi pada usia 50-an tahun. Sebagaimana awal haid, akhir haid juga bervariasi antara wanita yang satu dengan wanita yang lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fase Menopause Akan Dialami Setiap Wanita

0 comments:

Post a Comment