Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

9.20.2010

Rentang Waktu Siklus Datang Bulan Organ Intim Wanita

Terjadinya siklus datang bulan bervariasi pada organ intim tiap wanita dan hampir 90% wanita memiliki siklus 25 – 35 hari dan hanya 10-15% yang memiliki panjang siklus 28 hari, namun beberapa wanita memiliki siklus yang tidak teratur.
Bagi seorang wanita yang beranjak dewasa (remaja), mengalami siklus datang bulan yang tidak teratur pada masa-masa awal adalah hal yang normal. Mungkin saja remaja putri mengalami jarak antar dua siklus berlangsung selama dua bulan atau dalam satu bulan terjadi dua siklus. Namun jangan khawatir, setelah beberapa lama siklus datang bulan akan menjadi lebih teratur. Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari pertama periode datang bulan, yaitu hari dimana pendarahan dimulai disebut sebagai hari pertama yang kemudian dihitung sampai dengan hari terakhir, yaitu satu hari sebelum perdarahan datang bulan pada bulan berikutnya dimulai.
Bagi seorang remaja putri yang baru pertama kali mengalami datang bulan, hendaklah membuat catatan dalam kalender agar siklus dan lamanya datang bulan dapat diketahui.
Begini cara memahami rentang waktu siklus datang bulan dengan sederhana:

Setiap hari pertama terjadinya siklus datang bulan setiap bulannya tandailah dengan tanda silang, lalu hitung sampai tanda silang berikutnya. Dengan begini, dapat diketahui pola siklus datang bulan pada diri masing-masing.
Setelah hari kelima dari siklus datang bulan setiap bulannya, endometrium mulai tumbuh dan menebal sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan. Sekitar hari keempat belas terjadi pelepasan telur dari ovarium (disebut ovulasi). Sel telur ini masuk ke dalam salah satu tube falopii. Di dalam tuba falopii dapat terjadi pembuahan oleh sperma. Jika terjadi pembuahan, sel telur akan masuk ke dalam rahim dan mulai tumbuh menjadi janin sehingga terjadilah kehamilan.
Pada sekitar hari ke dua puluh delapan, jika tidak terjadi pembuahan, maka endometrium akan dilepaskan dan terjadilah perdarahan atau disebut sebagai siklus datang bulan. Siklus dapat berlangsung selama 3-5 hari, terkadang sampai 7 hari. Proses pertumbuhan dan penebalan endometrium kemudian dimulai lagi pada siklus berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rentang Waktu Siklus Datang Bulan Organ Intim Wanita

0 comments:

Post a Comment