Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

9.19.2010

Menanti Kematangan Seksual Menjelang Datang Bulan

Usia seorang wanita remaja mulai mendapatkan tamu datang bulan adalah bervariasi. Janganlah cemas bila saat datang bulan belum datang, meskipun teman-teman yang lain sudah mendapatkannya. Ada gadis yang berusia 12 tahun saat ia mendapat datang bulan pertama kali, tapi ada juga yang di usia 8 tahun sudah memulai siklusnya. Bisa terjadi pula di usia 16 tahun baru mendapat datang bulan. Banyak faktor yang mempengaruhi bervariasinya usia wanita dalam mendapatkan datang bulan di awal, misalnya faktor genetika, karena datang bulan pertama kali ibunya pada usia 14 tahun. Ada lagi faktor bentuk tubuh, akibat gizi yang tidak seimbang berat badan dibawah rata-rata usia bisa menyebabkan terlambat datang bulan.
Istilah permulaan pematangan seksual pada seorang wanita yang ditandai dengan datang bulan pertama kali disebut Menarche. Datang bulan pertama adalah hal yang wajar yang pasti dialami oleh setiap wanita normal dan tidak perlu digelisahkan. Bila hal itu tidak terjadi, baru kita perlu gelisah.
Seorang gadis remaja yang sudah diberitahu ibunya atau mengetahui tentang datang bulan lewat berbagai media penjelasan biasanya akan senang menyambut datangnya hal tersebut, karena peristiwa alamiah ini merupakan awal menuju kedewasaan seorang wanita. Bila gadis remaja tidak mengetahui tentang hal ini atau tidak ingin mendapatkan penjelasan mengenai datangnya hal itu, mereka akan takut ketika darah mulai keluar dari organ intimnya.
Ada beberapa tanda kematangan seksual yang bisa digunakan sebagai acuan sebelum datang bulan pertama akan datang, antara lain:
  • Mulai tumbuhnya payudara dan membesar,
  • Tumbuhnya rambut-rambut halus disekitar ketiak dan kemaluan
  • Tanda lainnya adalah keluarnya cairan bening dari organ intim wanita (vagina), kadang celana dalam menjadi basah. Hal ini wajar, tidak perlu perlu khawatir, itu berarti telah terjadi kelembaban organ intim wanita (vagina) menjelang datang bulan, hal ini adalah normal terjadi pada setiap wanita.
Setelah seorang gadis remaja telah mengalami siklus datang bulan (menstruasi), berarti tubuhnya sudah memiliki hormon yang diperlukan untuk proses reproduksi. Hormon itu pula yang akan mempengaruhi berbagai perubahan bentuk tubuh termasuk perubahan bentuk dari payudara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menanti Kematangan Seksual Menjelang Datang Bulan

0 comments:

Post a Comment