Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

9.24.2009

Memahami Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan dapat beragam, healthy magazine menyebutkan bahwa yang menyebabkan keputihan dikategorikan menjadi 2 yaitu penyebab non infeksi maupun infeksi.
PENYEBAB KEPUTIHAN KATEGORI NON INFEKSI
  1. Bisa diakibatkan benda benda asing yg dapat melukai epitel vagina, misalnya tampon, kondom yang tertinggal didalam vagina secara tidak sengaja dan benang AKDR (Alat Kontrasepsi dalam rahim). Pada saat keadaan ini cairan vagina banyak keluar dan kadang kadang berbau tidak enak bila sudah terjadi infeksi.
  2. Terlalu berlebihan menggunakan bahan bahan kimia tertentu juga dapat mengakibatkan keputihan. Misalnya larutan antiseptic yg digunakan untuk membilas dalam vagina. Jika digunakan berlebihan dapat membunuh miroorganisme baik dalam vagina dan akan menimbulkan mikroorganisme abnormal sehingga terjadi infeksi pada daerah vagina.
  3. Penggunaan obat obatan tertentu dalam waktu lama dan berlebihan juga dalat mengakibatkan terjadinya keputihan. Misalnya antibiotik. Jika anda menggunakan obat obatan tersebut dalam waktu lama dan timbul keputihan sebaiknya menghubungi dokter.
PENYEBAB KEPUTIHAN KATEGORI INFEKSI
Dapat disebabkan oleh berbagai jenis mikroorganisme seperti jamur, bakteri atau virus. Microorganisme tersebut diantara lain candida albican, Gardnerella, Trichomonas, Chlamydia, Gonorrhoea. Dampaknya adalah, infeksi tersebut dapat menjalar sampai kerongga rahim, kemudian naik kesaluran telur dan akhirnya bisa sampai ke rongga panggul. Wanita yang mengalami keputihan akibat infeksi berulang/ menahun yang tidak diobati secara tuntas dapat mengalami kemandulan. Selain itu keputihan juga sebagai tanda penyakit lainnya yang lebih parah seperti tumor pada organ reproduksi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memahami Penyebab Keputihan

0 comments:

Post a Comment