Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

9.16.2009

Kenalilah Keputihan Sejak Dini

Masih sempat juga menulis seputar keputihan ketika sebagian yang lain sudah mempersiapkan perjalanan mudik pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1430 H. Tulisan ini untuk menjawab seorang sahabat yang bertanya tentang seputar keputihan pada organ intim. Tulisan ini sih bukan hal yang baru tetapi perlulah dijawab sekaligus lebih mengenalkan pada seorang gadis yang beranjak dewasa maupun para sahabat wanita dewasa.

Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi wanita. Informasi yang kurang menyebabkan tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan akhirnya menganggap sederhana persoalan keputihan ini. Padahal keputihan tidak bisa dianggap mudah, bila terkena keputihan bisa berkibat fatal bila lambat penanganannya. Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian.

Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina yang berlebihan,bukan berupa darah dan dapat menimbulkan keluhan. Cairan ini akan terus membasahi vagina dan bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan keasaman vagina untuk mencegah timbulnya infeksi dan sebagai pelumas saat melakukan hubungan seksual.
Keputihan normal bisa terjadi saat pertengahan siklus menstruasi, saat mendapatkan rangsangan seks, dan pada saat hamil yaitu dimana hormon estrogen meningkat.

Ciri keputihan yang normal?
Ciri ciri keputihan normal adalah cairanya tidak terlalu kental, jernih, warnanya putih atau kuning, tidak mengalir, baunya tidak menyolok, tidak disertai rasa nyeri dan tidak timbul gatal yang berlebih.

Ciri keputihan yang abnormal adalah cairannya sangat kental, berbau dan jumlahnya sangat berlebih, menyebabkan gatal yang amat sangat (mengakibatkan prilaku tangan sering mengaruk-garuk), vagina menjadi merah dan juga terdapat rasa nyeri, rasa pedih atau seperti terbakar saat berkemih.

Update terus berita seputar organ intim lainnya dari blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenalilah Keputihan Sejak Dini

1 comments:

  1. Wuich ngeri ya kudu hati hati jadi cewe.....penyakit mengintai

    ReplyDelete