Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

1.25.2011

Menunda Kehamilan Secara Alami dengan Tes Lendir Vagina

Menunda kehamilan secara alami didasarkan atas kemampuan seorang wanita dalam menentukan masa subur atau masa tidak subur. Ada tiga metode menunda kehamilan dengan cara alami, yaitu: Metode kalender, Metode Suhu Tubuh dan Tes lendir Vagina.
Dalam menunda kehamilan dengan tes lendir vagina dimaksudkan adalah seorang wanita yang selalu mengamati perubahan ciri lendir yang dikeluarkan dari serviks rahim ke lubang vagina sepanjang daur haid/menstruasi. Pemahaman umum:
  • Ovulasi (sel telur siap dibuahi) pada organ intim wanita biasanya terjadi 14 hari sebelum datang bulan berikutnya. Sebagai contoh, Jika seorang wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari dan hari pertama menstruasi disebut dengan hari ke-1, maka biasanya dia akan mengalami ovulasi pada hari ke-14. Jika siklus datang bulannya 32 hari, maka biasanya ovulasi akan terjadi pada hari ke-18.
  • Ketika terjadi ovulasi, maka sperma mempunyai waktu 24 jam untuk membuahi sel telur wanita yang berada di tuba falopi dan sperma dapat bertahan hidup sampai 7 hari setelah terjadinya hubungan intim.
Setelah masa haid selesai, hampir semua wanita akan merasakan kering di dalam liang senggama organ intim selama beberapa hari. Saat organ intim terasa kering maka dikatakan masa kurang subur atau masa tak subur awal. Berikutnya akan disusul dengan keluarnya lendir vagina yang terasa lengket selama beberapa hari dan saat inilah liang bercinta organ intim terasa semakin basah. Hari terakhir terasa basah ini disebut hari puncak, dimana terjadi saat kadar hormon estrogen paling tinggi. Sesudah itu, lendir vagina menjadi sangat encer, jernih atau keruh, dan tampak seperti putih telur mentah.
Setelah hari puncak, lendir vagina segera berubah menjadi kental akibat pengaruh hormon progesteron. Mungkin juga lendir akan hilang sama sekali dari vagina dan wanita merasa kering lagi di dalam vaginanya.
Dengan tes lendir vagina, masa subur yaitu dimulai dari munculnya lendir yang encer, dan berakhir pada hari ketiga setelah hari puncak lendir encer. Sedangkan masa tak subur akhir atau pasca ovulasi dimulai pada hari keempat setelah hari puncak sampai dengan hari pertama datang bulan (menstruasi) berikutnya. Hari puncak lendir vagina yaitu hari terakhir basah.

Aplikasi Tes Lendir Vagina
Dengan tes lendir vagina maka dapat diperkirakan kapan terjadinya masa subur pada wanita. Efektifitas dari metode ini sebesar 91 % yang berarti 9 dari 100 orang wanita dapat menjadi hamil apabila wanita tersebut siklus menstruasinya normal.
Bila tidak ingin menunda kehamilan (ingin segera hamil), maka wanita dapat melakukan hubungan intim pada saat keluarnya lendir yang basah hingga tiga hari setelah hilangnya lendir basah.
Adapun bagi wanita yang tak ingin hamil, harus memperhatikan hal-hal dibawah ini:
  1. Selama masa tak subur awal, wanita harus menghindari hubungan intim selama haid dan hari-hari kering setelah haid (sampai dua-tiga hari setelah haid berakhir).
  2. Wanita harus menghindari hubungan intim, dimulai saat keluarnya lendir sampai tiga hari penuh sesudah hari puncak (masa subur). Hari puncak merupakan hari terakhir saat masih ada lendir lincir, mulur, jernih atau keruh yang kemudian diikuti dengan perubahan mendadak lendir vagina menjadi lengket, kental, atau terasa kering.
  3. Masa tidak subur adalah semua hari, mulai hari keempat sesudah hari puncak sampai akhir daur haid.
  4. Pasangan yang tidak ingin hamil, mereka harus menghindari hubungan intim mulai hari keluarnya lendir yang encer sampai tiga hari penuh sesudah hari puncak. Selain itu juga harus menghindari hubungan intim beberapa hari selama masa awal kering sebab dikuatirkan sperma yang tersisa dapat disangka lendir.
Bagi wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur maka bisa jadi efektivitas tes lendir vagina menjadi lebih rendah karena lebih sulit untuk menentukan kapan kira - kira masa subur akan terjadi. Disarankan sebaiknya memeriksakan dulu ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.
(dari berbagai sumber)

Tulisan ini hanya khusus bagi pasangan intim yang sudah resmi. Saran penulis, jika anda pasangan intim belum resmi atau peselingkuh sejati jangan mempraktekkan teori - teori diatas. Kehamilan atau ketagihan untuk berselingkuh akibat mempraktekkan tulisan ini bukan menjadi tanggung jawab penulis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menunda Kehamilan Secara Alami dengan Tes Lendir Vagina

1 comments:

  1. selamat pagi bu,, begini kami pasutri yang baru aja menikh dan terlalu dini rasanya kalo segera punya anak,untuk mencegah kehamilan dengan pil khawatir soalnya ada pengalaman rekan saya pada jangka panjangnya jadi susah hamilnya,kalo pake suntik kayaknya gak mungkin deh soalnya istri saya ngeri liat jarum suntiknya apalagi disuntik gak kebayang deh nangisnya hehee... setelah melihat postingan ini saya lebih cenderung pake kontrasepsi kalender aja deh,lebih alami meski harus tabah dalam mengendalikan syahwat yang sedang membara2nya heeheheee,,, jadi gini bu yang saya tanyakan kemarin kami kan berhubungan badan 1-4 hari setelah menstruasi,kira2 itu bisa menyebabkan kehamilan atau tidak ya?terimakasih untuk solusinya bu...

    ReplyDelete