Info Terkini Kesehatan dan Kecantikan Wanita Dewasa

2.23.2010

Mengapa Keputihan Bisa dialami Wanita Hamil?

Keputihan yang dalam istilah medis disebut fluor albus atau leucorrhoea merupakan cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat terjadi pada setiap wanita, tanpa memandang usia. Tiga per empat wanita di dunia diperkirakan mengalami keputihan setidaknya sekali seumur hidupnya. Wanita hamil pun kerap mengalami keputihan selama masa kehamilannya.
Wanita hamil bisa mengalami keputihan karena pada saat hamil terjadi perubahan hormonal yang salah satu dampaknya adalah peningkatan jumlah produksi cairan dan penurunan keasaman vagina serta terjadi pula perubahan pada kondisi pencernaan. Semua ini berpengaruh terhadap peningkatan risiko terjadinya keputihan. Peningkatan cairan karena pengaruh psikologis dengan status hamil mungkin tidak terlalu berbahaya. Yang perlu diwaspadai adalah peningkatan cairan karena infeksi jamur. Untuk mengingatkan kembali ciri – ciri keputihan normal maupun keputihan abnormal, dapat di menuju link ini.
Dalam keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir serta tidak disertai bau atau rasa gatal. Namun bila cairan yang keluar disertai bau, rasa gatal, nyeri saat buang air kecil atau warnanya sudah kehijauan atau bercampur darah, maka ini dapat dikategorikan tidak normal (abnormal).
Bagi ibu hamil jangan menganggap remeh keputihan, keputihan karena infeksi selain mengganggu kesehatan ibu hamil juga berbahaya bagi janin. Wanita hamil dapat terkena keputihan sejak awal kehamilan hingga tiga semester akhir menjelang persalinan. Namun pada keputihan karena infeksi jamur, akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi. Infeksi jamur yang paling sering adalah karena jamur Candida sp.
Menurut beberapa sumber salah satunya disini, mengatakan bahwa selama belum terjadi persalinan dan selaput ketuban masih utuh, dimana janin masih terlindungi oleh selaput ketuban dan air ketuban yang steril, umumnya tidak ada efek langsung infeksi vagina yang menyebabkan terjadinya keputihan pada janin. Namun bila saat persalinan masihterdapat infeksi, maka dampak keputihan yang terjadi tergantung penyebabnya, dimana bayi akan terkontak dengan penyebab keputihan tersebut. Misalnya, pada infeksi Chlamydia dapat terjadi keguguran hingga persalinan sebelum waktunya (persalinan prematur). Infeksi virus Herpes simpleks dapat menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis). Infeksi jamur Candida sp dapat meningkatkan risiko terjadinya ayan (epilepsi). Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian. Infeksi bakteri Neisserea gonorrhoeae dapat menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan.

Magic for women only for not pregnant women ...!



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengapa Keputihan Bisa dialami Wanita Hamil?

0 comments:

Post a Comment